3 website media pembelajaran untuk guru terbaru 2021

Daftar Isi

Halo semua selamat datang kembali di website saya. Pada tulisan kali ini saya akan coba share tentang 3 website yang dapat membantu guru-guru untuk membuat proses belajar mengajar di kelas online menjadi lebih menarik, dan dapat juga membantu guru-guru untuk bisa melakukan assessment hasil belajar siswa dengan cara yang menyenangkan. 

Ada banyak website yang bisa membantu guru-guru untuk bisa membuat pelajaran menjadi lebih menyenangkan. Namun tidak banyak yang memberikan kemudahan bagi guru-guru untuk bisa sekaligus melakukan assessment untuk melihat apakah siswa telah mengerti dengan materi yang diajarkan, padahal inilah menjadi inti dari media pembelajaran, untuk membantu anak agar lebih paham dengan materi yang diajarkan.

Berikut ini beberapa aplikasi atau website yang bisa membantu guru-guru untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. 

Agar lebih jelas saya akan mengambil beberapa indikator sebagai acuan kita untuk melihat aplikasi atau website pembelajaran ini.

User Interface (UI)

Yang pertama adalah dari segi User Interface (UI). Apakah aplikasi atau website ini menarik dari segi tampilan dan juga mudah untuk digunakan jadi pengguna yang baru pertama kali membuka aplikasi atau website ini tidak kebingungan dengan fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Fitur yang dibutuhkan

Yang kedua adalah ketersediaan fitur yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar di kelas online. Pada indikator ini kita akan melihat apakah aplikasi atau website tersebut menyediakan fitur fitur yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran secara online.

Pricing/harga

Yang ketiga adalah pricing atau harga untuk penggunaan aplikasi atau website tersebut. Nah pada indikator ini kita akan melihat apakah untuk versi gratisnya fitur-fitur yang diberikan aplikasi atau website tersebut sudah cukup untuk digunakan untuk menunjang aktivitas-aktivitas belajar mengajar secara online, terutama untuk fitur asesmen proses belajar siswa.

Dari ketiga indikator di atas berikut adalah aplikasi atau website yang menurut saya pribadi sangat bagus untuk digunakan dalam proses belajar mengajar baik itu dari segi user interface dari segi ketersediaan fitur dan juga dari segi pricing atau harga.

1. Wordwall.net

Wordwall merupakan website yang menyediakan fitur untuk membuat media pembelajaran interkatif yang bisa digunakan secara online, atau mencetak medianya dan memberikannya kepada siswa secara offline. Yang paling saya sukai dari Wordwall ini adalah siswa tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk bisa menggunakan permainan/materi yang telah dibuat oleh guru. 

Ini sangat memudahkan guru untuk menerapkan atau menggunakan wordwall dalam proses belajar mengajar. Selain itu, permainan yang dibuat ini dapat diakses melalui laptop atau aplikasi browser handphone.

- User interface

Dari segi user interface, website ini tampilannya sangat sederhana. Tata letak pilihan menu atau fiturnya pun mudah untuk kita gunakan. Berbagai pilihan template permainan dan instruksi bagaimana cara menggunakannya juga tersedia dihalaman awal atau beranda website.

- Fitur

Wordwall menyediakan fitur Create activity, Community, My Activity, dan My Result.  

Create Activity merupakan fitur yang digunakan untuk membuat permainan/materi baru. Ada banyak tempalte aktivitas yang disediakan oleh Wordwall. Ada permainan klasik seperti quiz, word search, crossword, find the match, unjumble dan lain-lain. Ada juga permainan Arcade seperti Maze chase dan Airplane, serta tools untuk manajemen kelas seperti Seating plan atau Random wheel.



Community merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk mencari game pembelajaran yang dibuat oleh pengguna lain, ini menjadi pilihan yang bagus jika kalian tidak punya waktu untuk membuat materi kalian sendiri, kalian tinggal ketik kata kuncinya dan pilihan permainan atau materi akan muncul dan siap untuk digunakan. Selain itu materi atau permainan tersebut dapat kalian edit dan sesuaikan dengan materi yang akan kalian bawakan.

My Activity merupakan fitur untuk mengakses kembali permainan/materi yang telah kita buat. Pada fitur ini kita bisa membuat folder dan mengelompokkan materi/permainan yang kita buat berdasarkan materi, kelas, semester dan lain-lain.


My Result merupakan fitur untuk melihat hasil atau skor peserta yang mengerjakan permainan. Fitur ini yang bisa membantu guru untuk melihat dan meninjau apakah siswa sudah paham dengan materi yang baru saja diajarkan atau tidak.



- Pricing/harga

Wordwall dapat digunakan secara gratis dan juga terdapat pilihan berbayar. Yang membedakan antara fitur gratis dan berbayar adalah ketersediaan opsi tambahan untuk jenis template permainan. 

Untuk akun gratis terbatas pada 15 jenis template, yang mana menurut saya sudah lebih dari cukup untuk bisa digunakan oleh guru. Dan untuk akun berbayar terdapat tambahan 24 template permainan, jadi ada total 39 jenis permainan yang bisa digunakan untuk akun berbayar. 

Untuk upgrade ke akun berbayar, terdapat dua opsi, yaitu Standard atau Pro. Untuk skema pembayaran serta fasilitas yang ditawarkan dapat kalian lihat pada gambar dibawah ini.



2. Wizer.me

Wizer juga merupakan website yang memungkinkan guru untuk membuat lembar kerja yang bisa diakses oleh siswa secara online. Sama dengan Liveworksheet, untuk menggunakan wizer guru dan siswa harus punya akun. 

- User interface

Wizar memiliki tampilan yang dinamis dan enak untuk dilihat. Tata letak tab menu dan fiturnya juga mudah untuk digunakan. 


- Fitur

Wizar menyediakan fitur Community, Worksheets, Create New Worksheets, Learners dan Coffee room.

Community merupakan fitur dimana kalian bisa mengakses berbagai worksheet atau lembar kerja yang telah dibuat oleh pengguna lain dan menggunakannya untuk keperluan kelas kalian. 

Worksheets adalah fitur yang digunakan untuk membuat worksheet atau lembar kerja baru, serta mengatur atau mengelompokkan worksheet yang telah dibuat berdasarkan kelompk tertentu seperti topik, mata pelajaran, atau kelas.

Create new worksheet adalah fitur yang terdapat didalam tab worksheet yang digunakan untuk mebuat worksheets baru. Terdapat beragam pilihan template untuk lembar kerja yang akan dibuat, mulai dari open questions (esai), multiple choice (pilihan ganda), fill in blanks (melengkapi kalimat), fill on image (memberi label pada gambar), table (isian tabel), sorting (mengurutkan) dan lain sebagainya. 


Selain itu, desain tampilan untuk lembar kerja dapt diubah dengan cara memilih berbagai template yang menarik seperti pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya fitur learners. Fitur digunakan untuk melihat performa siswa, mulai dari grade dan waktu akses siswa ketika mengerjakan lembar kerja yang diberikan. Pada fitur ini kita juga bisa membuat kelas dan menghubungkannya ke google classroom.



- Pricing/harga

Wizer menyediakan fitur gratis dan berbayar. Untuk pembayarannya itu sangat murah, karena kita hanya perlu membayar sekitar $3 perbulan, atau sekitar Rp. 30.000. Untuk pembayaran dan fasilitas yang disediakan dapat dilihat pada skema berikut. 



2. Liveworksheets.com

Liveworksheet merupakan website yang menyediakan fitur untuk guru mengupload worksheet agar bisa dikerjakan oleh siswa secara online. Melalui website ini guru juga bisa memeriksa pekerjaan siswa secara langsung. Untuk bisa menggunakan live worksheets, guru dan siswa harus membuat akun di website ini. 

- User Interface

Tampilan awal dari Liveworksheet cukup sederhana, tab menu dan fiturnya dapat dengan mudah digunakan. Namun, tata letak beberapa fitur menurut saya tidak memanjakan mata dan terlihat tidak dinamis, jadi ada kemungkinan siswa tidak begitu tertarik dengan tampilannya.


- Fitur

Liveworksheet menyediakan beberapa fitur seperti Interactive worksheets, Make interactive worksheets, make interactive workbook dan Community.

Interactive worksheet merupakan fitur dimana kalian bisa mengakses jutaan lembar kerja siswa dan menggunakannya untuk keperluan pembelajaran kalian.

Make interactive worksheets merupakan fitur yang kalian gunakan untuk membuat lembar kerja kalian sendiri. 

Make interactive workbooks merupakan fitur yang bisa kalian gunakan untuk membuat kumpulan lembar kerja, jadi fitur ini bisa digunakan untuk mengelompokkan lembar kerja berdasarkan grup tertentu. Contohnya, berdasarkan mata pelajaran, kelas, semester dan lain-lain.

Community merupakan fitur yang bisa kalian gunakan untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan pengguna lain.

- Pricing/harga

Liveworksheet menyediakan akun gratis dan berbayar. Berikut adalah skema pembayaran dan kelebihan yang ditawarkan berdasarkan paket langganannya.



Jadi itu dia tiga website yang bisa membantu guru untuk membuat pembelajaran jadi lebih menarik sekaligus membantu guru untuk bisa mengevaluasi progress belajar siswa. 

Semoga bermanfaat.