Aplikasi Pembelajaran Online QuizWhizzer, Aplikasi Gamifikasi Pembelajaran Untuk Siswa

Daftar Isi

Untuk mendukung proses belajar mengajar guru perlu kreatif dalam menyiapkan materi dan media yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, kebutuhan akan media pembelajaran online yang menarik sangat tinggi, hal ini di karenakan tantangan dalam menyajikan proses pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan kepada siswa jauh lebih besar dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka.

Pada proses pembelajaran online, siswa cenderung bosan dan tidak aktif mengikuti proses pembelajaran jika metode yang digunakan adalah metode ceramah dan metode konvensional lainnya. Maka dari itu diperlukan platform atau media yang menarik dan mampu meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Selain itu, proses belajar mengajar secara online meningkatkan  kebutuhan pengajar dalam melakukan asesmen kepada siswa untuk bisa mengetahui capaian siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar secara online. Hal ini dikarenakan pada proses belajar mengajar online ada banyak variable luar yang bisa mempengaruhi tingkat penyerapan materi siswa dan guru perlu memastikan pada bagian mana dan topik mana mereka butuh bantuan.

Oleh karena itu, selain menyajikan pembelajaran yang baik dan menarik, guru juga harus bisa menggunakan media asesmen yang bisa memberikan guru gambaran yang jelas terkait pencapaian atau pemahaman siswa terhadap materi yang sedang diajarkan.

Berikut ini penulis akan menjelaskan salah satu platform media pembelajaran yang dapat guru gunakan untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa, sekaligus dapat menjadi media untuk melakukan asesmen untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Platform tersebut adalah QuizWhizzer. 

QuizWhizzer merupakan sebuah media yang dapat digunakan untuk membuat kuis dalam bentuk perlombaan dan menyusun track atau jalur sendiri sesuai dengan keinginan pembuat kuis.  Pengguna dapat mengatur dan menyesuaikan jenis pertanyaan, skor untuk tiap pertanyaan, aturan pergerakan pemain dan posisi mereka didalam papan permainan, serta pembuat kuis dapat menjalankan lebih dari satu permainan sekaligus.

Adapun kelebihan yang bisa pengguna dapatkan dari QuizWhizzer ini adalah:
  • Papan permainan dapat dibuat sendiri oleh pengguna sehingga memudahkan untuk menyesuaikan jenis dan bentuk permainan. Contohnya, permainan ular tangga, perburuan harta karun dll.

  • Ada banyak jenis pertanyaan yang disediakan oleh QuizWhizzer mulai dari pilihan ganda, esai, true or false, drag and drop, ordering dll.

  • Pengguna bisa melihat dan menganalisis jawaban peserta permainan dengan melihat fitur review atau mendownload hasil jawaban mereka dalam format excel. 

  • Pembuat kuis dapat menjalankan lebih dari satu permainan dalam sekali waktu.
  • Peserta game tidak perlu membuat akun terlebih dahulu sehingga bisa lebih memudahkan guru untuk menggunakannya kepada siswa.
  • Jika tidak memiliki waktu yang banyak untuk membuat game sendiri, pengguna bisa mencari game yang telah dibuat oleh pengguna lain menggunakan fitur Public Game sesuai dengan topik yang dibutuhkan oleh pengguna. 

Dengan melihat kelebihan yang disediakan oleh QuizWhizzer, maka platform ini bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk membawakan materi pelajaran di kelas online.

Semoga bermanfaat.