Cara membuat akun di QuizWhizzer, sebuah aplikasi pembelajaran interaktif untuk siswa

Daftar Isi
Pada tulisan kali ini Edoemedia akan berbagi tentang cara membuat akun dan permainan pada platform QuizWhizzer, sebuah aplikasi berbasis online yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif dalam proses belajar mengajar, khususnya pada proses pembelajaran daring.

Apa itu QuizWhizzer?

QuizWhizzer merupakan sebuah platform online yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk membantu guru dalam menyajikan pelajaran agar lebih menarik dan tidak membosankan. Pada platform ini pengguna dapat memberikan pertanyaan kepada siswa dalam bentuk perlombaan dengan mengikuti jalur tertentu yang telah di susun, menyerupai sistem permainan ular tangga.

Di QuizWhizzer, pengguna dapat mengatur dan menyesuaikan jenis pertanyaan, skor untuk tiap pertanyaan, aturan pergerakan pemain dan posisi mereka didalam papan permainan, serta pembuat kuis dapat menjalankan lebih dari satu permainan sekaligus.

Cara membuat akun di QuizWhizzer

Adapun cara membuat akun di platform QuizWhizzer adalah:
  1. Kunjungi laman berikut ini: https://quizwhizzer.com/ 
  2. Klik Try it for free pada bagian kanan atas laman
  3. Setelah itu akan muncul laman yang menampilkan dua pilihan; 
    • I want to play a game: jika kalian ingin mengikuti sebuah permainan yang telah dibuat dan memiliki kode akses ke permainan tersebut.
    • I want to create or host a game: jika kalian ingin membuat permainan, dan ketika memilih ini kalian akan diarahkan untuk membuat akun.
  4. Untuk tutorial ini, silahkan pilih I want to create or host a game.
  5. Setelah itu kalian akan diarahkan untuk memasukkan beberapa informasi berupa:
    • Username: nama akun kalian
    • Email address: alamat email yang akan digunakan pada akun
    • Password
    • Confirm pasword
  6. Kalian juga bisa langsung memilih untuk mendaftar menggunakan akun Google. Cara ini akan memudahkan kalian jika akun google kalian sudah terhubung dengan google chrome yang kalian gunakan untuk membuka Quizwhizzer.
  7. Setelah mendaftar, kalian akan diarahkan kedalam laman utama Quizwhizzer, dimana kalian bisa menggunakan beberapa fitur yang telah disediakan oleh Quizwhizzer, seperti:
    • Your game, fitur bagi kalian untuk mengakses permainan yang telah dibuat sebelumnya. Jika kalian pengguna baru maka pilihan yang muncul adalah Make a new game dan Share a public game.
    • Active games, fitur untuk melihat game apa saja yang sedang kalian jalankan. Fitur pada Quizwhizzer memungkinkan kalian untuk menjalankan lebih dari satu game dalam waktu yang bersamaan.
    • Question bank, merupakan fitur dimana kalian bisa mengakses pertanyaan-pertanyaan yang telah kalian simpan ketika membuat permainan.
    • Make a game, merupakan fitur dimana kalian membuat permainan. Pada fitur ini. kalian bisa memilih/mengupload latar belakang permainan yang akan digunakan, mengatur permainan serta memasukkan pertanyaan.
    • Public games, merupakan fitur dimana kalian bisa mengakses dan menggunakan permainan yang telah dibuat oleh pengguna lain. Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengadaptasi permainan yang telah ada dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kalian.
    • Avatar, merupakan fitur dimana pengguna bisa membuat avatar yang nantinya bisa digunakan pada saat permainan.
    • Reports, merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses hasil pengerjaan peserta permainan.

Cara membuat permainan di Quizwhizzer

Adapun cara membuat permainan pada platform ini adalah:
  1. Pilih/Klik Make a new game pada laman utama.
  2. Setelah itu silahkan pilih latar belakang permainan. Kalian bisa memilih latar belakang yang telah disediakan atau mengupload latar belakang yang telah kalian siapkan sendiri. 
  3. Setelah memilih latar belakang permainan, silahkan perhatikan fitur yang terdapat pada bagian kanan laman, yang berisi:
    • Board, fitur yang digunakan untuk mengatur papan permainan seperti, bentuk dan warna titik pertanyaan, banyak langkah yang dilakukan oleh pemain sampai pada musik yang ingin dimainkan pada saat permainan berlangsung.
    • Question, adalah fitur yang digunakan untuk mengetik pertanyaan yang akan diberikan kepada pemain.
    • Setting, merupakan fitur dimana pengguna memasukkan judul serta deskripsi permainan yang akan dilihat oleh pemain. Pada fitur ini pengguna juga bisa mengatur bahasa dan ketegori permainan.
    • Quality score, adalah fitur yang membantu pengguna untuk mengecek langkah-langkah apa saja yang telah mereka lakukan dalam membuat permainan. Fitur ini memastikan bahwa tidak ada langkah-langkah yang tertinggal pada proses pembuatan permainan.

Cara bermain di QuizWhizzer

Adapun cara bermain di Quizwhizzer adalah sebagai berikut.
  1. Pengguna menyiapkan kode game atau link yang akan dibagi kepada pemain.
  2. Pemain mengklik link yang dibagikan atau masuk ke laman: https://app.quizwhizzer.com/play lalu memasukkan kode game yang telah dibagi oleh pengguna.
  3. Pemain bisa menggunakan laptop atau smartphone untuk memainkan game ini.
Demikian penjelasan terkait cara membuat akun di QuizWhizzer serta cara membuat permainan yang telah dibuat. Semoga bermanfaat.