2 Aplikasi Presentasi Interaktif Terbaik Buat Guru Untuk Pembelajaran Online dan Hybrid

Daftar Isi

Pada tulisan ini Edoemedia.com akan membagikan 2 platform media presentasi untuk guru yang bisa membantu membuat pembelajaran online maupun hybrid menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

Pembelajaran online menjadi tantangan tersendiri buat banyak pengajar untuk bisa menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan untuk dilakukan. 

Beberapa kendala dalam proses pembelajaran online adalah terbatasnya pola komunikasi dan interkasi yang bisa dilakukan oleh pengajar dan peserta didik. Hal ini menjadikan banyak proses pembelajaran menjadi membosankan dan tidak mampu mencapai tujuan dari pembelajaran.

Selain itu, proses pembelajaran online menjadikan pengajar harus lebih aktif dan kreatif dalam mengevaluasi capaian belajar siswa, karena pada proses pembelajaran online ada banyak faktor yang biosa menghambat peserta didik untuk bisa menyerap dan memahami pembelajaran yang diberikan. Contohnya, kondisi dirumah, sarana dan prasarana yang digunakan termasuk komputer dan jaringan internet. 

Hal ini diperparah dengan proses belajar mengajar yang monoton dan konvensional. Selain membuat peserta didik tidak tertarik dengan materi yang dibawakan, pengajar juga tidak dapat menilai dan mengevaluasi capaian peserta didik dengan maksimal. 

Maka dari itu, pengajar membutuhkan platform yang dapat membantu guru untuk bisa menyajikan proses belajar mengajar dengan lebih menarik dan interkatif, dan tentunya tidak monoton dan konvensional seperti metode ceramah.

Berikut adalah tiga platform yang bisa pengajar gunakan untuk menyajikan proses pembelajaran yang mampu mendorong persentasi partisipasi peserta didik.

1. Quizizz

Platform Quizizz merupakan platform yang sudah banyak dikenal oleh pengajar untuk memberikan kuis atau pertanyaan secara live dengan memberikan link atau kode untuk dimainkan. 

Pada perkembangannya Platform Quizizz menambah satu fitur yang memungkinkan pengajar untuk membuat slide presentasi yang dikombinasikan dengan kuis berupa pilihan ganda atau esai dan pertanyaan pooling/survey. Selain itu, pengajar juga bisa memasukkan gambar, video dan link website kedalam presentasi sehingga dapat menjadikan presentasi yang dibuat jadi lebih bervariasi.

Dengan memberikan pertanyaan disela-sela presentasi akan membuat siswa lebih aware dan fokus dengan materi yang disampaikan. Hal ini karena mereka dituntut untuk bisa menjawab pertanyaan dadakan yang akan muncul dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Dengan adanya fitur ini pengajar dapat mengetahui apakah peserta didik aktif mengikuti dan berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Pengajar juga bisa melihat secara langsung siapa yang sedang menjawab pertanyaan yang diberikan dan apakah jawaban yang mereka berikan benar atau salah.

Ada beberapa jenis perntanyaan yang diberikan seperti, pilihan ganda, esai, dan poling. Hal ini tentunya membuat guru bisa lebih meudah menyesuaikan jenis evaluasi yang ingin diberikan kepada peserta didik dengan pilihan jenis pertanyaan yang beragam.

Selain itu, peserta didik bisa melihat apakah pertanyaan yang mereka jawab itu benar atau salah. Dan setelah presentasi selesai, siswa juga bisa melihat rangkuman jawaban mereka dan mereview pertanyaan-pertanyaan yang mereka jawab beserta kunci jawabannya.

2. Nearpod

Nearpod merupakan sebuah platform presentasi interaktif yang menghadirkan interaksi peserta didik dengan pengajar dengan banyak pilihan media dan fitur. Dengan menggunakan Nearpod pengajar bisa membuat presentasi yang berisikan slide presentasi, video, gambar, simulasi, virtual field trip, audio dan masih ada beberapa fitur yang bis amembantu pengajar untuk membawakan presentasi dengan lebih menarik.


Selain itu, platform ini juga menyediakan fitur untuk memasukkan aktifitas disela-sela presentasi berupa permainan climb it, open ended question, quiz, matching, fill in the blanks, memory test dll.

Selain itu, di nearpod ini  pengajar dapat memasukkan collaborative board agar peserta didik dapat secara langsung menulis atau menggambar di layar. 
Dengan memanfaatkan fitur Nearpod dengan baik, pengajar dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan tidak lagi monoton dan berfokus hanya pada guru.

Quizizz vs Nearpod

Melihat kelengkapan fitur yang disediakan oleh kedua platform ini, saya lebih cenderung menggunakan Nearpod. Karena ada lebih banyak fitur yang diberikan, terutama fitur pemberian kontent presentasi dan aktifitas. 

Namun, salah satu kekurangan dari Nearpod ini adalah jika menggunakan akun gratis maka presentasi yang kita buat terbatas hanya sampai 100 MB. 

Jadi jika ingin membuat presentasi tanpa dibatasi jumlah filenya, maka Quizizz merupakan pilihan terbaik, namun jika melihat kelengkapan fitur yang diberikan makan Nearpod merupakan pilihan terbaik, terutama jika kalian ingin menyisihkan sedikit biaya untuk membeli akun premiumnya. Berikut adalah gambaran biaya yang diperlukan untuk membeli akaun premium.
Semoga tulisan ini bermanfaat buat pengajar yang ingin meningkatkan kualitas belajar mengajar online ataupun hybrid di sekolah atau di kampus.