Brainpop : Platform pembelajaran yang lengkap untuk anak

Daftar Isi

Apa itu BrainPop?

Brainpop merupakan sebuah website yang menyediakan animasi video pembelajaran yang dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung lainnya yang dapat membantu anak-anak untuk belajar dengan lebih baik. Website BrainPOP sangat fungsional digunakan oleh siswa, orang tua, dan guru, karena menawarkan strategi pembelajaran berbasis kurikulum yang sejalan dengan standar pendidikan di Amerika. 


Situs web ini menyediakan video animasi yang membahas banyak topik-topik untuk hampir semua mata pelajaran, yang dibagi ke dalam kategori Sains, Ilmu Sosial, Bahasa Inggris, Matematika, Teknik & Teknologi, Kesehatan, dan Seni & Musik.

Fitur Website BrainPop

Fitur yang dimiliki oleh Brainpop sangat beragam dan interaktif. Hal ini menjadikan pengguna menjadi lebih antusias dalam mempelajari materi yang disediakan oleh website ini. Selain video pembelajaran yang menarik dan terstruktur,  pengguna juga dapat mengikuti kuis untuk melacak pemahaman mereka dan menggunakan materi seperti daftar dan pengatur grafik untuk melengkapi pekerjaan rumah mereka. Mereka bahkan dapat memainkan game edukasi di berbagai mata pelajaran di bagian GameUp situs. 


Selain itu, Brainpop memiliki fitur tambahan yang meliputi; BrainPOP Jr., untuk pengguna yang lebih muda, dan BrainPOP Espanol, untuk penutur asli bahasa Spanyol, dan BrainPOP ESL untuk pelajar bahasa Inggris. 

Aplikasi seluler juga tersedia, memungkinkan pengguna untuk mengambil konten video BrainPOP saat bepergian. Sementara BrainPOP paling baik digunakan untuk anak-anak berusia 8 tahun ke atas, situs mitra layanan, BrainPOP Jr., menawarkan konten yang ditujukan untuk kelompok usia yang lebih muda.


Fitur untuk siswa dan guru di BrainPop

Secara umum, guru dan siswa dapat berinteraksi dengan BrainPop dengan cara yang sama. Siswa dapat menelusuri perpustakaan video BrainPop, mencari berdasarkan topik atau mata pelajaran yang diinginkan. Saat memilih topik, video animasi berdurasi tiga hingga lima menit akan diputar, menampilkan dua bintang animasi BrainPop, Tim dan Moby. 
Setelah menonton video animasi, siswa memiliki pilihan untuk menyelesaikan berbagai kegiatan untuk menguji pemahaman mereka terhadap materi yang telah mereka tonton. Kegiatan ini termasuk kuis (dengan pilihan ganda dan item terbuka), permainan interaktif, tugas menyortir, pembuatan peta konsep, tinjauan kosakata, dan analisis sumber utama. 

Semua aktivitas ini memiliki fungsionalitas bawaan yang memungkinkan siswa mengirimkan tanggapan kepada guru mereka. Pengajuan ini dapat berupa jawaban kuis, peta konsep yang dibuat siswa, lembar kerja kosakata yang telah dilengkapi, atau bahkan tangkapan layar permainan dengan refleksi siswa terlampir.

Siswa selalu dapat melacak kiriman, nilai, dan umpan balik mereka dengan menavigasi ke halaman My BrainPop mereka. Mereka juga dapat memasukkan kode yang diberikan oleh guru mereka untuk dibawa langsung ke topik, video, atau aktivitas yang ditetapkan.

Akses guru ke BrainPop kurang lebih mencakup fungsi yang sama seperti akun siswa, dengan sejumlah fitur tambahan. Pustaka video dapat dicari berdasarkan materi pelajaran, topik video, Common Core atau standar negara bagian di Amerika (materi video disesuaikan dengan kurikulum Amerika), atau hanya dengan menelusuri daftar video baru dan yang sedang tren. Disertakan sebagai bagian dari setiap video adalah tautan ke halaman Pendidik BrainPop terkait, yang menawarkan rencana pelajaran, materi cetak, dan sumber instruksional yang dikirimkan oleh pengguna dan dibuat oleh BrainPop.

BrainPop juga memberi guru kesempatan untuk membuat dan memberikan kuis mereka sendiri untuk topik tertentu. Mereka dapat menulis pertanyaan pilihan ganda atau kuis terbuka mereka sendiri, atau mereka dapat memilih untuk menarik item dari perpustakaan BrainPop yang berisi lebih dari 20.000 pertanyaan. Termasuk dalam perpustakaan pertanyaan kuis ini adalah item yang dibuat dan dibagikan oleh pengguna BrainPop lainnya dan disetujui oleh BrainPop. 

Guru kemudian membagikan kuis mereka dengan siswa dengan menyediakan tautan langsung atau kode akses untuk dimasukkan siswa di situs. Dengan membuat beberapa versi kuis dan memberikan tautan atau kode akses yang berbeda kepada siswa mereka, guru dapat menetapkan kuis yang berbeda untuk setiap siswa.

Harga berlangganan BrainPop

Pada dasarnya pengguna gratis bisa menngunakan 3 video permata pelajaran. Namun untuk menikmati fitur lengkap dari BrainPop pengguna harus mengikuti salah satu dari pilihan Family atau Homeschool.



Untuk pengguna yang berada di Indonesia, harga yang ditawarkan oleh Brainpop sebenarnya tergolong mahal. Namun hal ini bisa diakali dengan menggunakan shared account, dengan patungan membayar satu akun untuk digunakan bersama-sama. 

Semoga bermanfaat!