Twinkl Website Terbaik Penyedia Material Pembelajaran di Sekolah dan Rumah

Daftar Isi

Pada artikel berikut ini Edoemedia akan berbagi tentang Twinkl website terbaik penyedia material pembelajaran di sekolah dan di rumah.


Banyak orang tua yang mungkin bingung untuk mencari aktivitas atau kegiatan apa yang bisa dilakukan oleh anak-anak dirumah agar anak-anak tidak setiap saat menggunakan gadget untuk menonton atau bermain game online.

Sebenarnya ada banyak sekali website yang menyediakan material pembelajaran untuk guru dan orang tua, namun ada satu yang Edoemedia sangat sukai, yaitu Twinkl. 

Apa itu Twinkl?

Twinkl merupakan website penyedia material pembelajaran mulai dari anak usia dini sampai Sekolah Menengah Atas. Terdapat banyak materi atau referensi yang dapat digunakan baik itu oleh guru maupun orang tua untuk merancang ataupun melaksanakan aktivitas pembelajaran anak di sekolah ataupun di rumah. Materi yang disediakan juga lengkap meliputi sains, matematika, bahasa inggris, ICT, sosial studies, kerajinan tangan dan masih banyak lagi.

Jadi, jika kamu merencanakan kegiatan pembelajaran dan membutuhkan solusi cepat untuk membuat presentasi pembelajaran, penugasan, atau bahkan pembelajaran mandiri di rumah, dll, maka Twinkl merupakan solusi yang paling baik, baik itu dari segi tampilan dan fitur navigasi web, kualitas produk, serta harga.

Apa saja konten yang disediakan oleh Twinkl?

Twinkl menawarkan sumber referensi akademik yang dapat digunakan oleh guru maupun orang tua. Sumber daya mereka disiapkan oleh instruktur ahli yang menyediakan skema kerja lengkap seperti: 

  1. File presentasi
  2. Rencana Pembelajaran (Lesson Plan) 
  3. Lembar penilaian
  4. Game edukasi,
  5. Augmented reality
  6. Crafting
  7. Eksperimen Sains
  8. dll 

Apakah Twinkl Gratis?

Twinkl memiliki ratusan ribu konten pembelajaran siap pakai dan konten-konten tersebut terus diperbaharui. Banyak konten Twinkl yang gratis untuk digunakan oleh pengguna biasa; sedangkan, beberapa hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah berlangganan. 

Keanggotaan bulanan Twinkl sekitar IDR 110.000,-/bulan. Harga tersebut sudah mencakup semua kontent yang ada di Twinkl, jadi tidak ada biaya tambahan atau pembayaran tersebunyi.  Ada dua jenis akun berlangganan, yakni perbulan atau pertahun. Jika membayar pertahun, pengguna dapat menghemat sedikit lebih banyak biaya langganan.

Bagaimana Twinkl bisa membantu guru atau orang tua?

Jika kamu mengajar secara online dan  sedang mencari aktivitas belajar berbasis web tanpa menggunakan media cetak, Twinkl memiliki fitur Twinkl Go! Fitur ini menawarkan koleksi kegiatan pendidikan interaktif, yang mencakup semua mata pelajaran yang cocok untuk semua kelompok umur. 


Kamu bisa menemukan ratusan aktivitas interaktif online, buku audio, permainan, dan video yang dapat diakses di perangkat apa pun, tanpa menginstal aplikasi tertentu. Ini adalah sumber daya siap pakai yang mencakup sebagian besar mata pelajaran dan usia.

Fitur ini merupakan opsi terbaik jika kamu mengajar secara online, atau mau menampilkannya di dalam kelas menggunakan proyektor tanpa mendownloadnya.

Untuk memudahkan penggunanya hampir sebagian besar konten yang ada di Twinkl dapat download dan di cetak. 

Semoga bermanfaat.