Teachmint: Platform untuk kelas online dengan fitur lengkap!

Daftar Isi

Nah, kali ini Edoemedia akan membahas sebuah platform yang dapat digunakan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran online dan memiliki fitur-fitur dasar yang menurut edomedia penting untuk dipertimbangkan.


Sejalan dengan berkembangnya proses pembelajaran online/daring selama masa pandemi, dibutuhkan platform yang bisa mewadahi kebutuhan pengajar dalam menjalankan proses belajar mengajar secara efektif dan efisian. 

Fitur dasar platform penunjang pendidikan yang dibutuhkan guru

Berdasarkan pengalaman Edoemedia, untuk mendukung proses pembelajaran online/daring dibutuhkan platform yang dapat mencakup beberapa fitur dasar agar proses belajar mengajar menjadi lebih maksimal. Fitur dasar tersebut yakni:

  1. Aksesibilitas
  2. Live classroom
  3. Manajemen kelas
  4. Asesmen
  5. Rekaman

Ada banyak platform yang sebenarnya memiliki fitur yang bisa membantu guru dalam proses belajar mengajar online yang mencakup fitur-fitur penting seperti yang sebelumnya disebutkan, seperti Google meet, Zoom, Microsoft team, Google classroom, Edmodo dan lain sebagainya. Namun fitur-fitur tersebut tidak terintegrasi secara menyeluruh dalam satu platform. Contohnya, Google classroom, digunakan hanya sebatas untuk manajemen kelas, yakni mengelompokkan siswa sesuai dengan kelasnya dan pendistribusian materi/pengumuman. Walaupun pada dasarnya terdapat fitur pemberian tugas, namun pemberian tugas melalui Google classroom itu harus menggunakan platform berbeda yakni Google form. 

Contoh yang lain adalah platform Zoom. Zoom hanya digunakan untuk melakukan live classroom, atau quizizz yang hanya bisa menjadi media asesmen dan presentasi.

Salah satu platform yang memiliki kelima fitur dasar tersebut diatas adalah Teachmint.

Apa itu Teachmint?

Teachmint adalah penyedia infrastruktur pendidikan dan platform pengajaran terbesar di India. Dengan Teachmint guru dapat mendigitalisasi kelas melalui teknologi ruang kelas yang disediakan oleh Teachmint.

Teachmint memungkinkan guru untuk melakukan kelas online melalui solusi pembelajaran interaktif dua arah dengan berbagi video. Selain itu, platform ini juga menawarkan SaaS manajemen les untuk membantu guru menandai kehadiran, melakukan tes, membuat ruang kelas dan proyek individu, berbagi materi pembelajaran, dan banyak lagi. 

Fitur yang disediakan oleh Teachmint

Fasilitas yang ditawarkan oleh Teachmint menggabungkan lingkungan kelas interaktif dengan dasbor SaaS berdasarkan langganan untuk tutor. Hal ini memungkinkan guru untuk mengelola kelas harian mereka dengan cara yang lebih transparan daripada menggunakan alat pihak ketiga yang berbeda untuk setiap aspek.

Fitur dasar yang disediakan oleh Teachmint adalah sebagai berikut: 

  1. Create classroom: fitur untuk membuat kelas dan mengundang siswa untuk ikut dalam kelas tersebut. Fitur ini berisi nama subjek/mata pelajaran, kode kelas, time table/jadwal pelajaran, kolom untuk deskripsi tentang guru, dan kolom untuk deskripsi tentang kelas yang dibuat.
  2. Students: merupakan fitur untuk melihat nama siswa dan kontaknya.
  3. Recordings: merupakan fitur yang disediakan oleh Teachmint untuk mengakses rekaman pembelajaran yang direkam selama proses pembelajaran.
  4. Test: merupakan fitur yang disediakan bagi guru yang ingin membuat tes kepada siswa dan membagikannya secara online. Proses pembuatan tesnya dapat dilakukan dengan mengetik langsung atau mengupload file yang sudah ada sebelumnya.
  5. Chat: fitur yang memungkinkan interaksi antara guru dan siswa baik selama pelajaran atau saat siswa ingin berkomunikasi diluar jam pelajaran (live session).
  6. Notice board: fitur yang digunakan oleh guru untuk memberikan pengumuman kepada siswa.
  7. Homework: merupakan fitur penugasan yang dapat dibuat oleh guru dan memberikan batasan tanggal atau due date kepada siswa.
  8. Study material: merupakan fitur yang memungkinkan guru untuk mengupload file agar dapat diakses oleh siswa, tipe file yang dapat diupload juga beragam dan mencakup tipe-tipe file yang umum digunakan oleh guru seperti file dokumen, presentasi, bahkan guru dapat mentautkan link video dari Youtube secara langsung.
  9. Time table: Merupakan fitur yang memungkinkan guru untuk melihat jadwal mengajar, jumlah kelas yang diajar, due date homework (PR) dan waktu tes yang telah dijadwal sebelumnya.
  10. Papan tulis built in: Fitur ini memungkinkan guru untuk menulis di papan tulis virtual.
  11. Kehadiran otomatis: Fitur ini memberikan kemudahan kepada guru untuk melihat siapa saja yang hadir pada saat live session karena ketika siswa masuk menggunakan akun mereka, mereka akan otomatis tercatat kedalam presensi Teachmint.
Secara umum, fitur-fitur yang telah Edomedia sebutkan diatas telah mencakup semua fitur dasar yang penting dalam mendukung proses belajar mengajar agar proses pembelajaran bisa lebih efektif, efisien, dan terukur.

Pada tulisan selanjutnya Edoemedia akan coba membahas fitur-fitur Teachmint secara detail sebagai referensi bagi instansi pendidikan, guru maupun orang tua. 

Semoga bermnafaat.