Platform LMS dan Pengembangan Kompetensi Guru: KOCO Schools

Daftar Isi

Pada tulisan kali ini Edoemedia.com akan membahas Koco Schools, sebuah platform Learning Management System yang sekaligus dapat digunakan sebagai platform untuk mengembangkan kompetensi guru.

Sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai. Artinya sudah waktunya bagi guru untuk kembali mempertimbangkan perangkat pengajaran yang akan digunakan, termasuk platform yang bisa membantu guru untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan efektif dan efisien, terutama jika sekolah kalian menerapkan hybrid learning, gabungan antara pembelajaran daring dan luring.

Salah satu platform yang bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar didalam kelas adalah Koco Schools, sebuah platform yang selain dapat digunakan sebagai Learning Management System (LMS) juga dapat digunakan sebagai platform untuk mengembangkan Kompetensi Guru.

Pada umumnya, LMS memiliki fungsi untuk mengelola material pembelajaran, dan belum ada yang sekaligus menjadi platform yang bisa digunakan oleh guru untuk meningkatkan Kompetensi mereka. 

Sebelum terlalu jauh, mari kita coba lihat bagaimana platform ini dari segi user interface, fitur-fitur yang disediakan dan juga dari segi harga penggunaan.

Mari kita lihat platform ini dari segi tampilan antarmukanya terlebih dahulu. Dari segi User interfacenya, Koco Schools memiliki tampilan yang sederhana. Posisi tab fiturnya juga mudah untuk dilihat dan digunakan.

Pertama disini ada fitur Dashboard, fitur dimana kita bisa secara umum melihat semua aktivitas di semua kelas yang kita punya. Lalu ada sub fitur Calendar, yang bisa membantu kita melihat ada kegiatan apa saja pada hari itu. Lalu ada sub fitur assignment, yang bisa membantu kita memantau assignment apa saja yang kita miliki, di kelas mana, kapan deadline pengerjaannya dan sejauh mana progress assignment tersebut.

Lalu ada fitur Classes, dimana kita bisa melihat kelas apa saja yang kita ampuh sebagai guru. Pada fitur ini kita bisa menambahkan kelas, atau bahkan mengimport kelas dari Google classroom jika sebelumnya teman-teman guru telah membuat kelas di platform google classroom. 

Untuk bisa membuat kelas, kita tinggal mengklik tombol Create class pada bagian kanan atas laman, setelah itu kita isi nama kelasnya, levelnya, kemudian pilih subjeknya lalu klik create. Pad fitur ini kita bisa membuat dan membagikan assignment kepada siswa dengan cara mengklik tab assignment pada bagian upload, isi nama tugasnya, deskripsi,  assignment, nilai total tugas, batas akhir pengumpulan lalu upload file tugas yang akan diberikan kepada siswa dan terakhir click continue and preview lalu submit. Setelah kalian mengklik submit, maka akan ada link yang muncul, kalian tinggal copy link tersebut atau langsung membagikannya melalui whatsapp atau telegram. Pada fitur ini kita juga bisa mengirimkan tugas kepada beberapa kelas secara bersamaan.



Selanjutnya ada fitur attendance, fitur ini memungkinkan kita melakukan absensi kepada siswa yang tergabung dalam kelas yang kita ampuh.


Lalu ada fitur library, ini merupakan fitur yang memungkinkan kita membuat worksheet yang nantinya dapat diakses oleh siswa. Disini kita bisa mengupload tugas dalam bentuk file PDF dan di akses oleh siswa kemudian.


Kemudian ada fitur Academy, sebuah fitur yang menurut saya sangat bagus dan novel, karena pada fitur ini, guru dapat mengakses berbagai pelatihan yang dapat membantu guru dalam akselerasi karir dan pengembangan diri. Kita bisa lihat Webinar yang akan dilaksanakan pada tab Upcoming webinar, dan webinar yang telah dilaksanakan pada tab past webinar. 

Contohnya disini ada Webinar pada Upcoming Webinar terkait Kurikulum Merdeka untuk Siswa Merdeka Belajar di Abad 21, dan pastinya webinar ini bisa diikuti secara gratis.


Lalu ada juga kuliah online yang bisa diakses oleh guru pada tab online course. Nah, pada online course ini kita dapat mengakses, Video tutorial, lalu ada lampiran materi dalam bentuk PDF, dan setelah selesai menonton videonya, kita akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti keikutsertaan kita dalam kuliah online tersebut.


Yang terakhir ada fitur create, dimana guru dapat membuat kelas dan juga assignment buat siswa.

Jadi pada dasarnya, Koco Schools ini terbagi dalam dua fungsi besar, yakni Koco Schools Learning Management System yang berfungsi untuk pengelolaan material dan bahan pembelajaran dan Koco Schools Academy yang berfungsi sebagai wadah pengembangan kompetensi guru.

Penggunaan Koco Schools ini dapat meningkatkan efisiensi mengajar online, membantu pekerjaan administratif seperti absensi siswa, serta bisa menjadi wadah bagi guru untuk mengembangkan diri.

Melihat semua fitur yang disediakan oleh Koco Schools ini, terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakannya, yakni dapat digunakan oleh semua guru, dapat digunakan untuk mengajar dimana saja dan kapan saja, tingkat keamanan akun yang tinggi, dan kita tidak perlu mendownload aplikasinya sehingga tidak boros memori, dan yang terakhir dan yang paling penting adalah, semuanya dapat diakses secara gratis.