Canva Pro Gratis untuk Guru dan Dosen

Daftar Isi

Hi everyone, selamat datang di Edoemedia.   Pada tulisan kali ini Edoemedia akan share tentang bagaimana cara kita mendapatkan Canva Pro gratis untuk pendidik atau guru.  

Apa itu Canva?

Canva adalah platform multifungsi untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya.   Fitur yang disediakan oleh Canva bisa membantu kita sebagai pengajar untuk membuat presentasi, flyer, handout atau buku, bahkan membuat video pembelajaran dengan sangat gampang.   Sudah banyak tersedia template yang bisa kita gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai guru. 


Namun salah satu yang membuat tidak nyaman adalah ada fitur yang tidak bisa kita gunakan jika tidak memiliki akun pro atau akun berbayar.   Hal ini tentu saja menjadi batasan untuk bisa menggunakan Canva dengan leluasa, padahala dengan segala kemudahan dan berbagai fitur yang tersedia Canva bisa menjadi media pendukung bagi guru untuk bisa menghasilkan media pengajaran yang bagus. 

Canva Pro Gratis untuk Pendidik/Guru?

Tapi tahukah kalian bahwa sebagai pendidik Canva memiliki program untuk mendapatkan Canva pro secara gratis? Persyaratan yang harus dipenuhi juga sangat gampang. 

Untuk bisa mendapatkan Canva Pro secara gratis silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini 

1) Silahkan masuk ke https://www.canva.com/education/. 


2) Setelah itu silahkan pilih Tab Teachers Get verified. 

3) Setelah mengklik tab tersebut akan muncul jendela laman Klain Canva untuk Pendidikan secara gratis. Setelah disini kalian klik Mulai.

4) Setelah itu kalian akan diarahkan untuk mengisi Nama, Nama Sekolah, dan situs web sekolah jika ada. 

5) Setelah itu kalian akan diarahkan untuk  mengunggah berkas-berkas yang membuktikan kalian adalah guru seperti SK pengangkatan baik dari pemerintah atau yayasan.  

Jika ingin memastikan dokumen-dokumen apa saja yang bisa kalian unggah, kliki pada bagian Lihat dokumen yang diterima. 

Saat mengklik ini, akan muncul beberapa jenis dokumen yang bisa kalian jadikan referensi untuk diunggah. Lalu klik lanjutkan, dan selesai.

Kalian juga bisa mengklik panduan kelayakan untuk memastikan apakah dokumen yang kalian unggah itu bisa lulus verifikasi untuk mendapatkan Canva Pro secara gratis. 

Siapa saja yang bisa mendapatkan Canva Pro Gratis untuk pendidikan?

Selain itu dalam panduan kelayakan ada juga penjelasan terkait siapa saja yang bisa mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan Canva Pro gratis untuk pendidikan. Berikut adalah daftar yang dikutip dari laman Canva:

  1. Guru bersertifikat K-12 (SD atau SMP) dari sekolah resmi terakreditasi, yang saat ini menjabat sebagai pengajar
  2. Pustakawan sekolah K-12 (sekolah dasar atau menengah) bersertifikat
  3. Asisten atau guru pendukung pembelajaran K-12 (sekolah dasar atau menengah) bersertifikat
  4. Spesialis kurikulum K-12 (sekolah dasar atau menengah) bersertifikat
  5. Guru bersertifikat di sekolah teknik atau kejuruan, yang mengajar murid sekolah dasar dan/atau menengah (atau yang setara)
  6. Pendidik homeschooling yang terdaftar di organisasi pemerintah atau lembaga sertifikasi lainnya
  7. Pendidik Bersertifikasi Google (GCE), Pelatih Bersertifikasi Google (GCT), dan Pendidik Inovatif Microsoft (MIE) yang mengajar di tingkat K-12 (sekolah dasar atau menengah)

Selanjutnya terdapat juga informasi tentang instansi atau organisasi apa saja yang bisa mendaftar untuk mendapatkan Canva Pro untuk pendidikan.

  1. K-12 (sekolah dasar, menengah, atau pra-perguruan tinggi)
  2. Wilayah sekolah
  3. Departemen pendidikan
  4. Sistem sekolah global lainnya

Setelah selesai maka dokumen kita akan ditinjau dan diverifikasi dalam waktu 48 jam. Namun, jika kalian mendaftar dengan domain email pendidikan terverifikasi, kalian akan langsung mendapatkan akses.

Dan canva ini berlaku selama 3 tahun dan akan di tinjau kembali oleh pihak canva setelah tiga tahun.   

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.