Laboratorium Maya dan Simulasi Gratis di PhET

Daftar Isi

Hi everyone, selamat datang di Edumedia. Pada tulisan kali ini Edumedia akan bahas tentang website PhET. PhET merupakan sebuah website yang dibuat University of Colorado Boulder, yang menyediakan berbagai simulasi interaktif untuk mata pelajaran matematika dan sains baik itu fisika, kimia dan biologi. 

Apa itu PhET?

PhET merupakan platform open source yang artinya bisa diakses dan didownload oleh pengguna dengan gratis. 

Guru bisa mendowload setiap simulasi yang disediakan oleh PhET atau menggunakannya langsung menggunakan browser. 

Dengan PhET ini guru-guru bisa memberikan penggambaran kepada siswa terkait konsep-konsep sains yang mungkin sulit untuk bisa di demonstrasikan secara langsung di dunia nyata, seperti contohnya topik bentuk dan perubahan energi. Dengan simulasi PhET kita bisa memperlihatkan kepada mereka visualisasi perubahan bentuk dan perubahan energi ketika benda dipanaskan. 

Apa saja fitur yang disediakan oleh platform PhET ?

Ada beberapa fitur yang disediakan oleh PhET ini, dan berikut fitur yang menurut Edoemedia penting dan bisa sangat membantu guru dalam pembelajaran.

  • Yang pertama ada virtual lab, simulasi interaktif yang bisa kalian download atau gunakan langsung melalui browser. 

  • Yang kedua adalah bahan-bahan pengajaran yang bisa kalian akses ketika telah membuat akun. Fitur ini berisikan bagaimana cara penggunaan dan penjelasan terkait simulasi yang kalian pilih. 

  • Yang ketiga adalah virtual workshop, fitur yang bisa digunakan oleh pengajar untuk meningkatkan kompetensi mereka dalah strategi pedagogik untuk menggunakan Phet dalam pembelajaran. Dan melalui workshop ini kalian bisa mendapatkan sertifikat.

Kemudian untuk lebih detailnya, mata pelajaran apa saja yang dicover oleh Phet ini?

Mata pelajaran yang di cover adalah fisika, kimia, matematika, kebumian, dan biologi.

Cara menggunakan laboratorium virtual atau simulasi virtual di PhET

Untuk menggunakan simulasinya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik pada bagian kanan atas Simulasi. Dan pilih mata pelajaran yang diinginkan. 

  2. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan topik dan simulasi yang bisa digunakan. Silahkan pilih yang kalian inginkan.

  3. Setelah memilih salah satu topik maka akan muncul laman untuk mendownload atau menggunakannya langsung menggunakan browser.

  4. Untuk mendownload klik logo  pada bagian kiri bawah. Setelah itu filenya akan otomatis terdownload.
  5. Untuk menggunakannya secara langsung kalian tinggal mengklik simulasi yang diinginkan dan akan terbuka laman baru yang berisikan simulasi tersebut.

Dari pengalaman Edoemedia akan lebih mudah menggunakan Simulasi/Laboratorium virtual PhET menggunakan browser dibandingkan jika mendownloadnya. Karena jika mendownloadnya kalian butuh flash player untuk menggunakannya.

Demikian penjelasan singkat tentang PhET. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.