Blooket: Platform Edukasi Online Dengan Berbagai Jenis Permainan Yang Menarik

Daftar Isi

Apa itu Blooket?

Blooket merupakan sebuah platform edukasi berbasis permainan yang menawarkan berbagai macam jenis game dan kemudahan dalam menyesuaikan pertanyaan yang akan diberikan siswa. Platform ini menggunakan permainan digital bergaya kuis yang dipadukan dengan permainan berbasis karakter untuk siswa sebagai penggunanya.

Blooket dapat dimainkan oleh siswa secara gratis tanpa harus mendownload atau menginstal aplikasi apapun. Siswa tinggal masuk kedalam situs https://play.blooket.com/play  dan memasukkan kode yang telah disediakan oleh guru agar bisa mengakses permainan yang telah dibuat.

Yang membuat Blooket berbeda dari platform edukasi berbasis permainan adalah dari segi fitur berbasis karakter dan variasi permainan yang ada di dalamnya. Berbeda dengan platform trivia atau kuis lainnya seperti Quizizz dan Kahoot yang permainannya hanya satu jenis saja, Blooket menyediakan sekitar 13 variasi atau mode permainan yang dapat digunakan oleh guru secara gratis. 

Cara Kerja Blooket

Cara kerja Blooket adalah guru sebagai pengguna memilih atau membuat serangkaian pertanyaan yang ingin diberikan kepada siswa, lalu memilih mode permainan yang diinginkan. Permainan dapat diatur sebagai permainan yang dapat langsung digunakan (Live Game Mode) atau mengaturnya sebagai Pekerjaan Rumah (Homework Mode). 

Setelah itu akan ada kode, yang bisa digunakan pemain untuk bergabung dalam game di perangkat mereka sendiri, baik itu melalui smartphone atau laptop/PC. Setelah permainan dimulai, pemain akan menjawab pertanyaan dan akan mendapatkan poin ketika mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Regulasi poin dan aturan permainan berbeda-beda untuk tiap jenis permainan, hal ini lah yang membuat Blooket menjadi sangat menarik dan tidak membosankan untuk digunakan oleh guru dan siswa.

Salah satu kemudahan yang dimiliki oleh Blooket adalah terdapat banyak set pertanyaan yang bisa langsung digunakan oleh guru tanpa harus membuat dari awal. Namun, bagi guru yang ingin membuat pertanyaannya sendiri dapat dengan mudah membuatnya melalui fitur Create.

Salah satu hal yang membuat Blooket berbeda dengan platform permainan kuis adalah fitur Blook, sebuah avatar yang merepresentasikan pemain. Ada banyak karakter Blook yang lucu dan unik dan bisa diakses oleh siswa ketika menyelesaikan permainan.

User Interface

Dari segi tampilan, Blooket memiliki user interface yang ramah untuk pengguna yang mungkin tidak terlalu familiar dalam menggunakan platform permainan kuis. Tata letak tab fiturnya juga mudah untuk digunakan. 

Apa saja fitur Blooket?

Terdapat beberapa fitur yang disediakan oleh platform Blooket. Adapun penjelasan fungsi dan kegunaan tiap-tiap fitur adalah sebagai berikut.

1. Create

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat pertanyaan. Pada fitur ini pengguna bisa memasukkan judul, deskripsi, thumbnail set pertanyaan, dan mengatur privacy setting. 

Selain itu, dalam fitur ini pengguna juga diberikan pilihan apakah akan membuat pertanyaannya secara manual dengan mengetiknya langsung melalui platform atau mengimportnya melalui platform Quizlet atau menggunakan file csv. 



2. Discover

Pada fitur ini pengguna dapat mencari set pertanyaan yang sudah disediakan oleh Blooket atau yang telah dibuat oleh pengguna lain. Hal ini tentunya memudahkan bagi guru-guru yang ingin mencari dan menyesuaikan pertanyaan dengan cepat. Terdapat banyak topik dari berbagai mata pelajaran seperti Sains, Matematika, Bahasa, atau Ilmu Pengetahuan Sosial.

3. My Set

My Set merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk bisa kembali mengakses set pertanyaan yang telah dibuat. Pada fitur ini pengguna bisa mengkategorikan pertanyaan-pertanyaannya dan memasukkannya kedalam folder agar lebih memudahkan pengguna untuk mencari pertanyaan yang mereka buat berdasarkan pengaturan tertentu. Contohnya, pertanyaan-pertanyaanya dibagi ke dalam folder berdasarkan mata pelajarannya, (matematika, sains dll) atau berdasarkan topiknya (penjumlahan bilangan bulat, pecahan dll).

4. Favorites

Jika My Set adalah fitur dimana pengguna bisa mengakses set pertanyaan yang telah mereka buat, fitur Favorites ini merupakan fitur dimana pengguna bisa mengakses pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka pilih sebagai favorit mereka dengan cara mengklik tanda bintang pada set pertanyaan yang ada.


5. History

Fitur ini merupakan fitur dimana pengguna bisa melihat permainan apa saja yang telah mereka berikan kepada siswa, dan bisa melihat data dari hasil pengerjaan siswa, seperti persentase jawaban benar dan salah siswa secara keseluruhan ataupun secara individu. Hal ini tentunya akan memberikan gambaran kepada guru sebagai pengguna, pertanyaan mana yang paling sulit dijawab oleh siswa, atau pertanyaan apa saja yang tidak dijawab dengan benar oleh tiap-tiap siswa.



6. Homework

Fitur ini memungkinkan guru sebagai pengguna untuk melihat set pertanyaan yang telah ditugaskan kepada siswa dalam mode Homework. Dalam fitur ini guru dapat melihat siapa saja yang telah mengerjakan tugas tersebut dan bagaimana presentase jawaban mereka beserta presentase benar salah jawaban untuk tiap-tiap pertanyaan. 

7. Play

Fitur ini merupakan fitur jika ingin ikut bermain kedalam game dengan memasukkan kode permainan. 

8. Setting

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur profil dan informasi yang pengguna. Selain itu dalam fitur ini juga terdapat tab yang dapat dipilih untuk mengupgrade akun ke akun premium. 

9. Fitur tambahan

Selain fitur yang telah disebutkan di atas, terdapat juga fitur tambahan dibagian bawah layar kerja Blooket. Yang pertama yaitu fitur Stats yang dapat digunakan pengguna untuk melihat statistik permainan secara umum. Kedua adalah fitur Blook fitur dimana pengguna bisa melihat koleksi Avatar Blook yang telah mereka dapatkan atau koleksi. Ketiga fitur market, yang merupakan fitur dimana pengguna bisa membeli paket Blook dengan menggunakan koin token yang didapatkan sebagai reward setelah menyelesaikan permainan.

Jenis Permainan yang disediakan Blooket

Terdapat total 13 permainan yang dapat diakses oleh pengguna secara gratis dan 1 permainan tambahan untuk akun premium. Adapaun jenis permainannya adalah sebagai berikut.

  1. Gold Quest : Build your riches in this chaotic mode by answering questions to earn gold and take it from other players
  2. Crypto Hack : Answer questions to mine Crypto and hack others by infiltrating their defenses to steal their riches
  3. Fishing Frenzy : Cast out your line and answer questions quickly to reel in the biggest fish in the whole wide sea
  4. Tower Defense 1 : Answer questions, build towers, and design your defense to protect yourself from waves of Evil Blooks
  5. Tower Defense 2 : Answer questions, build towers, and upgrade your defenses to stop waves of Evil Blooks
  6. Monster Brawl : Move around the map collecting XP and answering questions to level up abilities and survive
  7. Deceptive Dinos : Become the top paleontologist by answering questions to find fossils, but make sure no one is cheating
  8. Battle Royale : Players face each other in 1 vs 1 (or team vs team) showdowns and try to be the last Blook remaining
  9. Cafe : Serve food to customers, restock your supplies by answering questions, and buy upgrades to create a cool Café
  10. Factory : Quickly answer self-paced questions to unlock and upgrade Blooks that make you some cold, hard, virtual cash
  11. Racing : Answer questions to race opponents and use power ups to get to the finish line first
  12. Blook Rush : Players answer questions to take Blooks from other players or defend their Blooks from being taken
  13. Classic : Compete by answering questions quickly to earn points and climb the leaderboard

Harga/Pricing Blooket

Blooket dapat digunakan secara gratis. Fitur-fitur yang disediakan untuk akun gratis sudah hampir mencakup semua fitur yang ada. Adapun perbedaan akun premium dengan akun reguler adalah:

  • Dapat mengakses semua mode game
  • Pelaporan game yang lebih advance
  • Bisa menyalin dan menduplikat set pertanyaan pengguna lain.
  • Bisa mewadahi sampai 300 pemain


Kesimpulan

Menurut saya pribadi, Blooket merupakan salah satu platform permainan kuis yang bisa sangat membantu guru untuk menyajikan pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Jenis permainan yang beragam juga menjadikan platform ini tidak monoton dan tidak cepat membuat siswa bosan untuk memainkannya. Ditambah dengan hampir semua fitur dapat diakses walaupun menggunakan akun gratisan. Dan juga untuk upgrade ke akun premium bisa dibilang sangat murah sekitaran IDR 59 000 (tergantung nilai konversi rupiah).