Bookwidgets Interactive Learning: Sebuah platform pembelajaran super lengkap

Daftar Isi

Selamat datang kembali di Edoemedia. Pada tulisan kali ini Edoemedia akan membahas tentang Bookwidgets, sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat berbagai macam media untuk mendukung pembelajaran baik itu secara daring ataupun pembelajaran hybrid. 

Apa itu Bookwidgets?

Bookwidgets merupakan platform media pembelajara yang menyediakan lebih dari 40 jenis permainan interaktif yang dapat disusun dan diedit oleh guru untuk menyesuaiakan dengan mata pelajaran atau topik yang akan diajarkan.  Aplikasi ini juga memiliki grading otomatis sehingga guru bisa langsung melihat bagaimana performa siswa di dalam kelas ketika mengerjakan tugas yang diberikan melalui aplikasi ini. dan aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 35 jenis pertanyaan yang berarti fitur ini bisa mencakup berbagai jenis asesmen yang ingin dilakukan oleh guru untuk siswa dengan kemampuan yang berbeda. Penasaran dengan aplikasi ini? selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Selain itu, platform Bookwidgets juga memiliki fitur umpan balik yang dipersonalisasi dan terdiferensiasi untuk mengindentifikasi kemampuan peserta didik yang berbeda-beda. Selain itu platform Bookwidgets juga dapat terintegrasi dengan berbagai Learning Management System seperti Google Classroom, Schoology, Edmodo, Moodle, Microsoft team dan lain sebagainya.


User Interface dan Fitur Bookwidgets

Secara tampilan platform Bookwidgets mudah digunakan. Semua tab fiturnya tertata dengan rapi pada bagian kiri layar kerja platform. Adapun fitur-fitur yang disediakan platform Bookwidgets ini adalah sebagai berikut:


1. Widget

Widget merupakan fitur dimana pengguna bisa membuat lembar tugas atau kuis, permainan eduktif untuk peserta didik, menyisipkan media pembelajaran baik itu berupa video atau gambar, dan memasukkan rumus persamaan untuk pelajaran Matematika serta bisa digunakan untuk mengunggah file pdf atau url website. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas fitur widget ini satu persatu.

a. Tes dan Kajian

Pada fitur widget tes dan kajian ini terdapat pilihan fitur dimana pengguna bisa membuat beberapa jenis penugasan berupa kuis, lembar kerja, lembar kerja terbagi, kuis yang berada dalam video, WebQuest, Kartu Flash untuk belajar mandiri, papan tulis, dan linimasa.

b. Permainan

Pada fitur ini platform Bookwidget menyediakan 10 jenis permainan yang berbeda yang bisa diatur untuk peserta didik agar proses belajar mengajar bisa lebih menarik dan menyenangkan. Adapun jenis-jenis permainan yang disediakan adalah Jigsaw, Teka teki silang, Cari Kata, Mencocokkan Pasangan, Permainan Memori, Hangman, Acak Gambar/Angka, Kartu Bingo, Mencari Perbedaan dan Peta Minda.

Dengan beragam jenis permainan yang disediakan oleh platform Bookwidget, pengguna bisa menyesuaikan jenis permainan apa yang cocok dengan topik yang sedang diajarkan.

c. Gambar dan Video

Platform Bookwidget juga menyediakna beragam fitur untuk penyematan media yang dapat digunakan untuk menignkatkan kualitas belajar mengajar, baik itu video yang diunggah sendiri oleh pengguna atau menyematkan dari situs seperti Vimeo dan Youtube.

d. Matematika

Bagi pengguna yang mungkin ingin memasukkan persamaan matematika atau diagram, fitur Matematika ini bisa sangat membantu mengingat bahwa tidak banyak platform yang mendukung penulisan rumus atau persamaan matematika di dalamnya.

e. Sematkan Pihak Ketiga

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi file berupa PDF atau menyematkan link situs web yang ingin dimasukkan sebagai referensi belajar peserta didik.

f. Serba Aneka

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat Jadwal kegiatan, Lembar checklist/Daftar Periksa dan Formulir/Survey

Berikut ini adalah contoh layar kerja apabila kita telah memilih beberapa widget untuk digunakan. Pada layar kerja ini kita bisa mengedit, meninjau dan mengatur Widget yang sebelumnya telah kita pilih.

2. Live

Fitur live ini memungkinkan pengguna untuk melacak penugasan yang telah diberikan kepada peserta didik jika telah dibagikan melalui Learning Management System seperti Google Classroom, Microsoft Team dan lain sebagainya.

3. Nilai & Pelaporan

Jika pengguna telah memberikan penugasan kepada siswa dan siswa telah mengerjakan penugasan tersebut, maka fitur ini memberikan akses kepada pengguna untuk bisa melihat skor peserta didik dan juga memberikan pelaporan kepada guru pertanyaan mana yang dijawab benar atau salah oleh siswa. Melalui fitur ini guru juga bisa menganalisis butir pertanyaan yang diberikan, seperti contohnya pertanyaan mana yang sulit dijawab oleh siswa dan pertanyaan mana yang mudah dijawab. 

4. Setelan Akun

Pada fitur ini pengguna dapat mengatur profil, ketentuan tugas siswa, ketentuan widget dan lain sebagaunya. 

5. Harga Berlangganan

Terdapat beberapa pilihan berlangganan untuk pengunaan Bookwidget, yakni untuk Guru dan Komersil. Untuk guru Bookwidgets memberikan dua kategori yakni Individu atau Kelompok. Untuk Guru Individu, untuk berlangganan harus membayar $9.95 per bulan atau $55 jika dibayar per tahun. Untuk Kelompok Guru harga berlangganan $55 per guru per tahun dengan jumlah guru sebanyak 5 orang, $39.5 per guru per tahun jika lebih dari 10 orang guru. Kemudian untuk penggunaan Komersil, penggunan harus membayar sebesar $245 per tahun. 


 Kesimpulan

Platform Bookwidget ini menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran secara online. Selain itu User Interface dari platform ini terbilang sangat mudah digunakan. Hanya saja dari segi harga, masih terbilang mahal apalagi jika dikonversi ke dalam rupiah. 

Sekian pengenalan platform Bookwidget, semoga bisa menjadi bahan referensi dalam pemilihan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar peserta didik.